File dan Direktori

 Struktur direktori pada sistem Linux sama dengan struktur direktori pada Windows yaitu menerapkan sistem pohon (tree) terbalik. Akar direktori atau direktori root yang dilambangkan dengan  garis  miring  (/)  merupakan  tingkat  direktori  tertinggi  (top  level  directory).  Contoh struktur direktori sistem Linux dapat dilihat pada Gambar 5-1.

 

Direktori Penjelasan

/            Direktori root. Merupakan direktori tertinggi pada susunan direktori Linux.

Seluruh direktori di Linux berada di bawah direktori root ini. Pada Windows, root direktori dilambangkan dengan C:\>.

Direktori root tidak ada hubungannya dengan user root. Pada Linux memang terdapat dua istilah root yang berbeda, yang pertama adalah user root, dan yang kedua adalah direktori root.

/bin         Direktori  tempat  perintah-perintah  dasar  Linux  yang  bisa  dijalankan  oleh semua user.

/boot        Direktori  tempat  file  yang  digunakan  untuk  proses  boot,  termasuk  kernel Linux itu sendiri..

/dev         Direktori tempat semua file device. File device adalah file yang mewakili peralatan tertentu pada komputer. Harap diingat bahwa di Linux segala sesuatu dianggap sebagai file.

/etc         Direktori   tempat   file-file   konfigurasi   Linux   yang   sangat   penting.   File konfigurasi Linux umumnya berbentuk file teks.

/home        Direktori utama dari direktori home. Direktori home adalah direktori pribadi user kecuali user root. Setiap user bisa memiliki direktori pribadi di bawah direktori /home. Umumnya nama direktori home sesuai dengan nama user bersangkutan. Contoh: user dudi akan memiliki direktori home /home/dudi.

/root        Direktori home milik user root.

/lib         Direktori tempat program-program library.

/lost+found  Direktori tempat menyimpan file-file hasil perbaikan saat sistem bermasalah (crash atau masalah lain). Di Windows, umumnya file-file seperti ini diberi perluasan (ekstensi) *.chk.

/opt         Direktori  tempat  menyimpan  software-software  tambahan  yang  berukuran besar, seperti StarOffice.

/proc        Direktori ini berisi file-file yang merepresentasikan berbagai aspek dari sistem komputer seperti prosesor, memori dan lain-lain.

/sbin        Direktori tempat berbagai utiliti atau program yang hanya bisa dijalankan oleh user root atau superuser.

/tmp         Direktori tempat menyimpan file-file sementara yang digunakan oleh berbagai

Direktori Penjelasan

macam program.

/usr         Direktori ini berisi banyak direktori yang sangat penting.

/var         Direktori tempat file-file yang digunakan untuk administrasi seperti system logs dan data yang sering kali berubah.

Home Directory

Merupakan direktori tertentu yang diberikan khusus kepada pemakai sebagai tempat penyimpanan  file-file  kepunyaan  pemakai  tersebut.  Struktur  direktori  dibawah  home directory merupakan wewenang dari pemakai yang bersangkutan.

Current & Parent Directory

Current directory (.) adalah direktori dimana kita berada pada saat ini sedangkan Parrent directory (..) adalah direktori satu tingkat di atas current directory. Setiap kali direktori baru tercipta, otomatis akan dibuat current directory dan parent directory.

Absolute Path dan Relative Path

Absolute path merupakan penulisan path yang mengacu ke root directory (/) jadi selalu diawali dengan tanda /.

Contoh :

/home/dudi/latih.txt

/var/log/messages

Relative path merupakan penulisan path yang mengacu ke current directory.

Contoh :

./latih.txt

../../etc/passwd

                Penamaan Suatu File/Direktori

  • · Maksimum 256 karakter
  • · Alfanumerik
  • · Tanda titik yang mengawali nama file mempunyai arti bahwa file tersebut hanya akan ditampilkan jika menggunakan option -a pada perintah ls (hidden file)
  • · Semua karakter bisa digunakan sebagai nama file tetapi sebaiknya jangan menggunakan karakter-karakter di bawah ini :

& ; | ? ` “ ‘ ~ [ ] ( ) $ < > { } ^ # \ /

  • · Penamaan file pada sistem Linux bersifat case sensitive