Khasiat Jahe merah

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunan zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.

Jahe merah

Jahe jenis ini memiliki kandungan minyak atsiri tinggi dan rasa paling pedas, sehingga cocok untuk bahan dasar farmasi dan jamu. Ukuran rimpangnya paling kecil dengan kulit warna merah, serat lebih besar dibanding jahe biasa.

digemari oleh para kaum laki-laki, karena diyakini bisa  meningkatkan gairah seksualitas. Jahe merah banyak dipilih karena memberikan  rasa pahit dan pedas lebih tinggi dibanding jenis jahe lain. Khasiat  umumnya bisa menambah nafsu makan dan menghangatkan badan.

Karena pengaruh inilah orang  cepat merasa bugar dan gairah seksnya meningkat. Selain ukurannya  lebih kecil dibanding dua jenis jahe lain, yakni jahe kuning dan gajah, warna  kulit jahe merah juga berbeda. Kulitnya berwarna merah muda, dagingnya sedikit  cokelat, dan memiliki serat lebih kasar.

Tanpa proses kimiawi, tanaman  ini sendiri sudah kaya dengan kandungan kimia, antara lain gingerol dan minyak  terbang, limonene, 1,8 cineole, l0 dehydrogingerdione, 6-gingerdione, arginine,  alpha linolenic acid, aspartic, betha-sitosterol, caprylic acid, capsaicin,  chlorogenic acid, farnesal, farnesene, dan farnesol.

Unsur 1, 8 cineole inilah yang  mampu mengatasi ejakulasi prematur, sementara anestetik antikholinesterase  mampu merangsang aktivitas saraf pusat dan merangsang ereksi. Selain merangsang  ereksi dan mengatasi ejakulasi prematur, tanaman yang memiliki sifat pedas ini  mampu merangsang selaput lendir perut besar dan usus dan mengurangi rasa sakit.

Tanaman juga bisa mengobati  influenza, merangsang keluarnya air susu ibu, mendorong produksi getah bening,  menjaga kekebalan tubuh, mencegah kemandulan danmemperkuat daya tahan sperma.  Unsur farnesal yang terkandung dalam tanaman ini juga mampu mencegah proses  penuaan karena merangsang regenerasi sel kulit.

Jahe Merah bisa menyembuhkan

1. Impoten / Lemah Syahwat menambah gairah seks
2. Batuk
3. Pegal-Pegal
4. Kepala Pusing
5. Rematik
6. Sakit Pinggang
7. Masuk Angin
8. Untuk Payudara Indah dan Montok
9. Vitiligo(Bercak putih pada kulit karena kekurangan pigmen) 
10.Terserang cacing gelang

Namun, bagi Anda penderita asma  sekaligus maag, sebaiknya menghindari konsumsi jahe merah, karena gingerolnya  bisa membuat lambung panas dan iritasi.